Monday, August 11, 2008

Menghapus Mental Cupu

Gw iseng banget sebenernya bikin blog kaya bgini, apalagi sejauh ini yang gw posting tulisan-tulisan gw yang emang terpaksa gw bikin (baca:tugas kuliah!!), hehehe ...

Pertama nya mah ga kepikiran sama skali buat bikin blog, sampe waktu itu ada satu situasi dimana gw akhirnya ngerasa harus banget banget bikin blog atau gw bakal ngadepin masalah besar ....

ga boong gw !!

Jadi gini, pada hari dimana gw mem-posting tulisan pertama gw di blog ini, gw tuh lg ngerjain tugas buat satu mata kuliah gw, nah bgitu tugas nya slese, gw bangga bgt, karena disamping gw ngerjain sendiri, setelah gw baca ulang, tuh tugas bikinan gw kok jadi nya keren juga ya .....(padahal asli nya mah biasa bgt),hehehe yaudah pas abis gw save, gw baru inget klo gw ga megang "si kecil canggih pembawa kemudahan bagi para mahasiswa khususnya yang nge-kos" (flashdisk maksudnya!!). Berhubung bsk nya harus dikumpulin, gw mikir gmn cara nya tuh tugas bisa nyampe ke tempat tukang printer tanpa di masukin ke dalam "si kecil canggih pembawa ...." ato flash disk, akhirnya gw keinget sama omongan salah satu temen kampus gw, yang waktu itu berencana mo bikin blog, yaudah akhirnya gw bikin blog, trus gw masukin aja tuh tugas, ntar klo mo nge-print tinggal buka nih blog deh di warnet, trus print deh, trus tinggal ngumpulin deh (hahahhaha pinter abiss, padahal masukin ke email juga udah lgsg beres, ga plu bikin2 blog segala ..)

Jadilah sekarang, tiap ada tugas, klo gw ngerjain sendiri tanpa bantuan org lain (ga nyalin tugas temen maksudnya), gw masukin ke blog ini, biar menuh2in juga siy, gw rada males soalnya klo nulis2 ga jelas kaya sekarang gini. jadi jgn kaget klo semua yg ada di blog ini tugas kuliah gw semua, hehehe ....

Nah, tapi, buat tulisan yang baru gw posting dibawah ini, topik nya bener-bener bikin gw tertarik banget. KORPORATOKRASI!! gw baru denger nih kata beberapa jam sebelum gw mulai ngerjain nih tugas, pas gw masukin di 'search machine' nya google, nongol deh hasilnya yg emang kebanyakan bersumber dari buku nya si Mr.John Perkins, confession of an economic hitmen.

Abis gw baca berbagai macem artikel yang ada di internet, sempet timbul rasa kagum sama rasa miris yang gw rasain. Sambil ngerjain, gw nyoba buat mengerti tentang cara ngejalanin nih jaringan korporatokrasi. dan bgitu gw baca semua nya, gw sempet kagum sama siasat yang dijalanin sama Amerika buat memperkaya diri. Amerika nge-bikin negara dunia ketiga yang mudah dihasut, menjadi bangkrut, trus semua kekayaan alam dari negara dunia ketiga diambil, dan negara itu pada akhirnya jadi negara boneka Amerika, yang selalu siap ngedukung Amerika di depan dunia internasional. Pokoknya cara Amerika ngebuat praktik korporatokrasi berjalan bner2 ga diduga sama skali. Buat gw, walaupun kejam dan sadis, tapi ini tetap brilian.

Nah yang bikin gw miris tuh, kenapa Indonesia juga masuk ke dalam jebakan korporatokrasi-nya Amerika?? Malah dari semua artikel yang gw baca, Indonesia merupakan sasaran utama dari praktik korporatokrasi Amerika. Richard Nixon aja sampe bilang klo minyak bumi Amerika tergantung sama Indonesia dan Indonesia diibaratkan sbg real estate terbesar di dunia.Harus nya tuh Indonesia bisa sejajar sama negara-negara maju di Eropa, atau gausah jauh2 deh, kita jadiin tolak ukurnya singapura aja, negara tetangga kita. sekarang ini, Indonesia udah ketinggalan jauh bgt sama singapura. Dulu aja, Malaysia ngejadiin Indonesia sebagai tolak ukur mereka dalam ngebangun negara nya, sekarang?? tolak ukur mereka udah berpindah ke Singapura, yang berarti dengan kata lain, Malaysia ngerasa mereka udah berhasil mengungguli kita. Faktanya siy, emg itu yang ada, kita juga udah mulai tertinggal sama malaysia, walau sebagian dari kita masih berat bgt buat ngakuinnya (termasuk gw sendiri ...), tapi ya emang mau gimana lg? kita emg udah ketinggalan sama Malaysia.

Klo mau mikir jauh kebelakang, kita pasti bakal dihadapin sama pemikiran, kenapa siy setelah panglima mulia kita, Ir.Soekarno turun dari jabatannya sebagai Presiden, Indonesia dipimpin sama pemerintahan yang rapuh, yang terlalu gampang dihasut sama Amerika, yang terlalu mudah dibutakan sama harta dan kekuasaan??? coba klo mereka adalah pemimpin yang ga takut sama imperialisme yang dijalankan Amerika, pasti negara kita bakal jauh lebih makmur, atau paling ga yaa ga separah ini keadaannya. Tapi pada dasarnya, apa emang praktik korporatokrasi Amerika adalah sumber dari semua kekacauan yang akhirnya selalu kita hadapin sampe sekarang??

Pendapat gw pribadi, korporatokrasi dari Amerika bukan sumber dari semua masalah nya, korporatokrasi Amerika menurut gw cuma pendorong, ato lebih tepat nya sebagai alat pemicu nya doank, semua nya tuh bersumber dari mental masyarakat Indonesia itu sendiri, khususnya para jajaran birokrat sepeninggal Ir.Soekarno. Bobroknya mental pemimpin kita pada saat itu berhasil dilihat oleh Amerika, sehingga mereka merasa bahwa Indonesia adalah target yang pas untuk menjalankan praktik korporatokrasi ini.
Dan lebih parahnya lagi, gw sendiri udah ngerasa pesimis klo Indonesia bisa tumbuh sebagai salah satu poros kekuatan ekonomi dunia dalam 10-20 tahun kedepan, padahal semua kalangan juga pasti setuju sama gw, Indonesia tuh punya potensi yg sangat besar untuk jadi sebuah negara kaya yang maju dan lebih dihargai sama dunia luar.

Pemerintahan sekarang sebenernya udah cukup pas, paling engga punya potensi untuk memulai perubahan di Indonesia. Presiden kita asalnya dari kalangan militer, trus wapres kita, selain ketua dari salah satu parpol, juga asalnya adalah pengusaha. Dengan adanya kombinasi ini, harusnya udah cukup untuk memulai ngebangun negeri ini dari awal, walaupun faktanya masih banyak juga aspek kehidupan yang belum tersentuh sama pemerintahan sekarang. Yang harusnya ada perubahan secara signifikan tuh mungkin cuma jajaran birokrat di bawahnya yang masih banyak diduduki sama orang-orang bermental cupu, yang emang pengen masuk ke pemerintahan buat memperkaya diri. Emang susah siy buat dirubah, tapi paling enggak ya emang harus diusahain dari sekarang. gw siy berharap, sapa pun yang kedepannya bakal mimpin negeri ini, harus punya pandangan seperti Hugo Chavez (Venezuela), yang udah anti banget sama imperialisme dan mau ngelakuin semuanya untuk rakyatnya !!!

No comments: