Wednesday, January 7, 2009

Music, My Best Buddie ...


gw ga pernah ngelewatin hari tanpa mendengar lagu yang dibawain sama penyanyi atau grup band favorit gw, yang emang sengaja gw pasang buat nemenin hari-hari gw. Buat gw arti musik itu penting bgt, kadang ketika gw lagi ngalamin hari yang sangat menyenangkan, gw dengerin lagu-lagu yang menurut gw bisa ngebuat tuh hari last forever. Atau malah klo gw dapet hari yang bner-bner jelek, gw bisa menjamin klo hari itu bakal menjadi lebih berantakan klo gw ga dengerin lagu kesukaan gw (nah klo situasi nya kaya' gini siy, gw harus tambahin tuh lagu dengan suara gw, biar lepas semua emosi dan kekesalan gw, hahaha excuse to sing loudly !!)

Sejarah selera musik gw juga bisa dibilang sangat beragam dari gw kecil sampe sekarang (yaiyalah, masa udah kuliah gini gw masih suka nyanyi lagu 'balonku' ?!). Waktu gw masih kecil bgt nih (baca: umur 4 - 6 tahun), ga usah gw ceritain lah yaa, udah sama aja kaya yang lain, lagu2 yang diajarin di TK pasti jadi favorit qta, ya gak ?! hehehe. Nah pas udah jadi anak tanggung (maksudnya tanggung dari anak kecil ke anak gedean dikit), gw mulai punya selera musik yang cukup tinggi (pada jamannya loh, klo sekarang mah jijay parah ...!), gw suka sama boyband !!!! (ahahhahaha sumpah agak malu nih gw nulisnya). Mulai dari lagu nya Backstreet Boys (sluurrp) 'ampe The Moffats, pasti ga pernah luput dari kuping gw. Nah pas gw mulai masuk ke jenjang umur yang kata orang 'ABG nanggung' (halah apa siy nih, aneh2 bner istilahnya ...), gw mulai mendengarkan lagu-lagu yang mulai agak berdistorsi, yah macam band-band kaya third eye blind, slank, red hot chili peppers, dll. Klo gw bilang, ini awal perubahan selera musik gw, karena pas umur sgini, gw dengerin musik kebanyakan bukan karena temen-temen gw suka (yah ada siy dikit-dikit), tapi kebanyakan gw dengerin lagu-lagu band itu karena gw emg suka musiknya. Sebelum beranjak ke SMA, gw udah mulai kenalan sama sebuah band legendaris bernama BLINK 182 (alright, klo gw bahas nih band, bisa mpe besok pagi ga slese-slese nulis gw, i'll write about 'em in another post, i promise !!)


Nah pas awal2 gw menginjakkan kaki, udah ketebak donk musik jenis apa yang nemenin gw tiap hari?? yepp, i'm a punk rockers (bangga abiisssss ...), hahahahaha influence dari trio unik yang bego tapi jenius itu (baca: BLINK 182) bner2 kuat banget. Pas gw sma, gw mulai rajin nyari band sama lagu-lagu yang punya aliran sejenis sama mereka, gw mulai kenal juga sama sum 41, rufio, no use for a name, simple plan, new found glory, alkaline trio, mxpx, nofx, rancid, the all-american rejects, boxcar racer, the ataris, yahh banyak lah, pokoknya sejenis smua. Buat produk domestik nya, gw cukup akrab sama 2 nama band, Rocket Rockers sama Superman Is Dead, wah lg happening bner tuh waktu itu, pokoknya klo ada pamflet pensi, 2 band itu pasti jadi headliner, and i can't miss one of them. Tiap malem gw mau tidur, dengerin sum 41, trus bangun pagi sebelum berangkat dengerin new found glory, pas lg belajar dengerin BLINK 182, hahahha full day lah pokoknya. Fenomena alam ini trus berlanjut sampe tiba2 abang gw mulai ngeracunin gw dengan genre musik yang disebut JAZZ, selera musik nya dia waktu itu (klo sekarang dy udah jadi anak reggae, hahahha money really can buy everything, even high favour of music). Trus pas gw lulus SMA, kan gw ga langsung kuliah tuh, gw sempet disibukin sama nge-band2 gitu, yah kecil2an doank siy, mulai dari band punk kebanggan gw (baca: fishguts), yang berisi 3 orang remaja labil yang mempunyai motto "hidup adalah senang-senang dan cabut sekolah!!" (hahahha agak ngarang siy moto nya...) sampai band top 40 kpunyaan abang gw yang namanya BACKVIU, yang memaksa gw untuk mulai mendengarkan lagu2 RnB, tapi sayangnya ga terlalu nyangkut siy di gw, cuman buat nambah pengalaman di dunia permusikan aje (hahahaha males bner bahasanya).

Nih diatas yang dicetak tebal bukannya tanpa maksud loh yaa, suatu hari nanti kami, para punggawa FISHGUTS, akan kembali tampil di blantika musik Indonesia dan menggoyang panggung tanah air lagi, kawan !!! Dan gw juga janji, gw bakal nulis sekelumit kisah riwayat band labil ber-merk FISHGUTS ini, huehehehe you'll see guys !!

Sampai gw kuliah 4 tahunan yang gw dengerin ya lagu2 kaya gitu, jazz kaya brand new heavies, incognito, george benson, stevie wonder, bali lounge, maliq & d'essentials, tompi, soulvibe, RAN, dll, ditambah sama sedikit suara-suara dari band-band emo yang pada masa itu paarrraaahhh bener deh menjamur nya, yang diawali oleh dashboard confessional, finch (my favourite one), matchbook romance, funeral for a friends, further seems forever, taking back sunday, fall out boy, panic at the disco, story of the year, saosin, copeland, dll. Selera gw itu terus aja berlanjut, yah walaupun gw ga trus jadi suka dan fanatik sama jazz juga siy, jadi agak lebih universal aja mungkin, dan kadang2 udah mulai gw selingin, kadang dengerin punk, kadang jazz, kadang emo, kadang punk lagi, trus jazz lg, gitu-gitu trus lah.... Yah ga pure jazz juga siy, campur sama lagu2 yang mellow atau groovy kaya John Mayer, Jason Mraz (and i really admire both of them), trus ditambah sama lagu2 garage and pop british gitu kaya arctic monkeys, the libertines, oasis, kaiser chiefs, last shadow puppets, franz ferdinand, the ting tings, banyak lah pokoknya (lebih banyak karena dipaksa dengerin sama si kenti di mobil tiap pergi bareng !! hehehe alesan lagi ...), yah pokoknya mulai lebih universal lah gw, tapi akar nya tetep sama punk/punk rock/pop punk/indie punk (sherwood, better luck next year, sing it loud, dll)/apalah kita semua nyebutnya.

Nah di penghujung tahun 2008, gw punya selera musik baru, yang awalnya malah kaya penasaran aja gara2 gw baca ulasan orang di situs forum gitu (baca: kaskus), yang merekomendasiin band-band pop indie (yang dalam bayangan gw pertamanya adalah band berdistorsi yang lebih easy listening). Karena gw juga udah mulai bosen sama koleksi lagu2 gw di komputer, gw mulai download2 deh tuh band-band yang disebutin di kaskus itu, semacam a rocket to the moon, nevershoutnever!, owl city, nevertheless, the scene aesthetic, the secret handshake, chase coy, backseat goodbye, dll. Ternyata suara-suara yang mereka hasilkan diluar ekspektasi gw, jarang bgt tuh gw denger suara distorsi gitar dari band/penyanyi diatas, malah lebih ke gitar akustik (backseat goodbye & chase coy) dan elektronik (owl city & a rocket to the moon), atau perpaduan keduanya kaya nevershoutnever! Dan ajaibnya (entah kenpa akhir2 ini, gw suka bgt gunain kata ajaib, hehehe), gw doyan juga sama band2 ini, terlepas dari lagu2nya yg emg easy listening, isi lirik nya juga bagus2 (ga cuma asal bikin doank, malah ada yang dalem2 bner liriknya, hehehe). Pokoknya klo ada yang sempet baca nih blog gw, elo semua kayanya harus nyoba dengerin salah satu dari band yang gw sebutin di paragraf ini, ga akan rugi, JAMINAN MUTU (halah...!!).

And that's all, fyuuuhh.... gw yakin bner klo ngomongin musik, ga akan ada habisnya, huehehehe karena gw yakin, everybody can't live without music, they should have their own soundtrack for life. Biar bagaimanapun warna warni kehidupan yang kita jalani, musik selalu berjalan beriringan di telinga kita (huahahahhaa lebay nih gw, udah ngantuk maklum).

NB: Recommendation song from me is ....

"Fishguts - I Swear I Saw Josua Kiss Another Guy Last Night"

No comments: